Posted by : belajardong Kamis, 21 Februari 2013


Pada postingan kali ini saya akan memberikan info tentang dasar-dasar komputer.
Secara umum komputer bisa diartikan sebagai alat hitung, untuk pengertian secara umum, sistem Komputer adalah rangkaian sistem yang meliputi Hardware, software dan brainware. dimana ketiga-nya merupakan komponen komputer yang terangkai menjadi satu kesatuan kerja yang saling berhubungan untuk menjalankan berbagai operasi program.

Hardware
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai mesin pekerja, pemroses dan mesin penghasil. 
Hardware utama komputer, meliputi :
  • Prosesor : prosesor adalah organ paling penting dalam komputer yang difungsikan sebagai otak komputer, hardware yang berperan dalam setiap proses yang dilakukan oleh komputer, semakin besar kemampuan prosesor, maka akan semakin banyak proses yang dapat dilakukan dalam waktu yang tidak lama.
  • Motherboard : Motherboard adalah papad induk komputer yang berfungsi sebagai induk rangkain komputer menghubungkan setiap komponen komputer sehingga menjadi satu rangkaian hardware yang siap kerja
  • RAM ( Random Acces Memory ) : RAM adalah memory utama komputer yang bersifat sementara, artinya segala yang tersimpan pada RAM akan hilang saat komputer tidak sedang hidup.
  • HardDisk : Harddisk adalah media penyimpanan dalam komputer yang bersifat permanen, harddisk difungsikan untuk menyimpan Sistem Operasi, aplikasi dan setiap File yang ada dalam komputer.
Software ( program )
dalam rangkaian sistem komputer software di bedakan menjadi 2, yaitu :
  • Sistem Operasi, adalah sebuah program yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dan Brainware, dimana sistem operasi akan berperan untuk memudahkan komunikasi antara Hardware dan Brainware. contoh sistem operasi antara lain DOS, Apple, Linux, Windows dll.
  • Aplikasi, adalah program yang dilengkapi dengan perintah-perintah yang dapat di pilih oleh Brainware untuk di di ekskusi oleh hardware melalui perantara sistem operasi. contoh aplikasi antara lan M. office, Winnamp, browser dll.

Brainware ( User )
adalah pengguna / user yang mengoperasikan komputer untuk mendapatkan sebuah hasil berupa file. brainware komputer bisa berupa :
  • manusia, dimana manusia yang berperan sebagai user biasa disebut sebagai operator
  • mesin lain, adalah sebuah perangkat sistem lain yang dapat dihubungan dengan komputer dan memberikan perintah untuk di proses oleh komputer tersebut
Sekian postingan saya tentang dasar-dasar komputer. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Zbhort - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -